28 June 2016

Pahlawan Medisku



“ Dian garukin punggung kakek donk “


“ Malas kek, lagi PW nih nonton “


“ Nanty kasih goceng deh “


“ Hmmm.. iya deh kek “


Sumpah demi apa gue pernah disogok pake gocengan.\m/ gue baru tahu harga gue setara dengan Lechy Float KFC ._. Kakek gue emang tahu caranya ngebahagiain cucunya. Disogok! Walaupun gocengan… tapi mayan buat beli chiki. 


Gue adalah cucu pertama dari anak pertama (nyokap) kakek dan nenek gue. Gue terbilang cukup dekat dengan mereka, karena status sebagai cucu pertama jelas gue ampir selalu dimanjain. Kalau dimarahin nyokap atau bokap, tempat pelarian gue hanyalah beliau berdua. Paling mengerti dan paling mengiyakan segala kemauan gue hanyalah beliau berdua. 


Kakek. Beliau adalah sosok bapak kedua setelah bokap. Banyak kenangan – kenangan indah yang banyak gue lewatin bersama beliau. Walaupun ada beberapa kenangan kelam tapi menurut gue itu adalah kenangan yang paling unforgetable


Pertama. Pernah dicambuk pake lidi sapu. Malam itu gue lagi main sama temen kecil gue, namanya Ardia. Sebab Ardia ini adalah anak seorang Kapolsek, waktu dan tempat bermain gue banyak gue habiskan di asrama Kapolsek dan halaman Polsek. Gara – gara keasyikan main boneka – bonekaan, gue ampe ngak nyadar kalau malam sudah larut. Gue pun kemudian bergegas ijin pamit pulang sama ortu Ardia karena takut dimarahin nyokap. Dalam keadaan gelap karena listrik padam gue berhati – hati berjalan dihalaman rumah, namun ditengah perjalanan, tiba – tiba, tangan gue digenggam erat oleh seseorang dan punggung gue langsung berasa perih. Gue baru sadar ternyata itu adalah kakek gue setelah beliau bersuara lantang memarahi gue dan mencambuk gue pake lidi sapu. Gue menangis histeris dan tercatat belasan bekas merah melintang di punggung gue. Nyokap gue hanya bisa diam karena perlakuan beliau. Kata nyokap hal ini dilakukan beliau semata karena beliau dapat amanah dari bokap untuk menjaga gue, sebab bertepatan waktu itu bokap gue lagi meneruskan sekolahnya di luar kota. 


Kedua. Selalu nemenin beliau kalau ada pasien sunatan. Kakek gue adalah seorang mantri. Jadi setiap kali ada pasien sunatan gue adalah orang yang selalu nemenin beliau kemanapun. Gue bak asisten mantri beliau. Tiap ada peralatan sunatan yang dibutuhkan guelah orang yang selalu disuruh - suruh. Untungnya walau masih kecil gue udah mengerti dengan peralatan – peralatan sunatnya. Coba deh bayangin kalau gue ngak ngerti paling yang bakalan terjadi seperti ini.


K : “ Dian suntik “

G : “ Ini kek “ nyodorin suntik.

K : “ Dian benang jahit “

G : “ ini kek “ nyodorin benang.

K : “ Dian pisau “

G : “ eengg .. Ini kek “

K : “ Kok cangkul ? Pisaunya mana ? “

G : “ Pisaunya ngak ada kek, cangkul aja biar sekalian dengan biji akarnya dikeluarin. Kalau kulit batangnya aja ntar numbuh lagi “

K : “ LU KATA INI BATANG SINGKONG!!! “


Seketika pasien sunatan kejang – kejang.


Ketiga. Selalu garukin punggung dan nyabut uban. Ngak malam ngak siang kalau ngeliat gue lagi lowong pasti sasaran nyuruh buat garukin punggung adalah gue, biasanya kalau gue udah malas garuknya pake sisir, diam – diam gue ganti pake garukan sisik ikan, beliau baru sadar kalau punggungnya mulai perih kemerahan. Maapin cucumu ini kek :p


Perihal nyabut uban. Entah apa motivasinya pengen banget keliatan muda. Udah tahu umur udah lanjut dan ubanan, beliau malah nyuruh gue buat nyabut ubannya sekepala. Yang jadi persoalan sekepalanya udah ubanan tapi beliau suruh nyabutnya satu – satu pake pinset. Yasalam mungkin ampe oli jadi minyak goreng baru ubannya habis. -_- Pernah saking semangatnya nyabut uban plus disogok 10 ribuan, kepala beliau jadi lahan kosong sebelah. Mayan banget buat nanem bawang..


Keempat. Selalu bikinin beliau kopi. Kakek gue adalah coffe addict. Specially ice coffe. Mending sehari ngak makan nasi daripada sehari ngak minum kopi. Cara beliau minum kopi tergolong unik, kopi panas dimasukin ke botol aqua seliter, didiemin beberapa hari dalam kulkas ampe jadi dingin, baru deh diminum. Kopinya bisa berbotol – botol dirak pintu kulkas. Biasanya kalau orang rumah ngak ada yang bikinin beliau kopi ya gue lagi deh sasarannya. -_- 


Kelima. Pernah nyasar berdua di Gorontalo. Kakek gue walaupun tua mendekati renta tapi beliau tuh jagonya ngejoki motor. Waktu itu gue berdua sama kakek memutuskan mendarat pake motor dari kampung ke Gorontalo untuk menghadiri acara wisuda om gue, sementara keluarga yang lainnya naik taksi penumpang. Setelah menempuh waktu 3 jam lebih akhirnya kita tiba di Gorontalo, gue yang berfikir kakek gue tahu kostannya om gue hanya diem aja diboncengin dimotor RX-King nya. Hingga dalam perjalanan, tiba – tiba motor berhenti. Sambil kakek gue bergumam : “ Kostannya Firman alamatnya dimana yah ??? “ -__- Ya Allah rasanya pengen gue bunuh diri aja, ini diri udah lelah, pantat gue udah tepos duduk berjam – jam dan pake acara nyasar pula. Gue hanya bisa gemes sendirian sama kakek gue.  


Diantara beberapa kenangan diatas yang paling gue ingat ampe sekarang adalah waktu gue boncengin beliau ke Apotik. Mungkin karena kakek gue belum percaya gue bisa bawa motor dengan baik, tiap mendekati belokan, pertigaan atau perempatan, beliau dibelakang gue udah banyak ngoceh.


“ Dian pelan – pelan, hati – hati, jangan nyalip. Noh udah belokan lampu sein di nyalain, jangan lupa klakson “


“ Iya kek, iya.. “


Padahal belokannya masih sekitar 40 meteran. -_- Beliau emang Penggendara Motor yang baik. Patut dicontoh! 


Bukan hanya kenangan, kebiasaan – kebiasaan beliau juga gue hafal diluar kepala.



  • Pasang kipas angin. Mau tidur malam, siang, mau duduk dimanapun harus ada yang namanya kipas angin.
  • Tidur kancutan. Kakek gue paling ngak nyaman dengan yang namanya kepanasan. Jadi kalau mau tidur beliau bakalan kancutan atau telanjang dada. Bodo dah dibilang porno. Hahaha..
  • Garukin punggung di pintu. Kalau ngak ada cucunya yang bersedia menggaruk punggungnya, pintu yang bakalan jadi korban gosokan punggungnya.
  • Minum Sprite kalau lagi batuk. Tiap batukan bukannya minum obat tapi malah minum Sprite. Padahal beliau sendiri adalah seorang mantri dan obatnya bisa nyebuhin batuknya.


Banyak kenangan indah yang gue lewatin bersama kakek, namun yang sebenarnya akan ada kenangan – kenangan baru yang akan tercipta kini harus terhenti di tanggal 16 Maret 2013.


Kejadiannya malam pukul 23 : 00 WITA saat gue terjaga untuk persiapan Ujian Akhir Sekolah hari ketiga. Saat sedang belajar, gue dikagetkan dengan tante gue yang ngetuk – ngetuk pintu rumah dengan kencang diiringi dengan teriakan memanggil nyokap gue “ Kak, kak bangun kak, bangun tolong liatin papa kak “ teriak tante gue cemas ngak karuan. 


Seisi rumah yang otomatis kaget langung ngacir kerumah kakek gue. Saat gue masuk di kamar kakek, gue melihat beliau udah terkapar di lantai. Nenek gue udah cemas, nangis ngak karuan, sementara nyokap berusaha nenangin nenek. Gue goyang badan kakek gue, gue panggil – panggil kakek gue, gue usapkan air kewajahnya tapi hasilnya juga sama. Beliau ngak bangun – bangun.


Beliau dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan pertolongan pertama, namun dari pihak puskesmas mengatakan ada baikknya dirujuk ke RS Aloe Sabu Gorontalo. Dengan berat hati sekeluarga tidak merujuk beliau karena mengingat waktu tempuh kesana cukup lama.


Saat itu gue belum menangis, karena gue optimis kakek gue masih bisa bangun, masih bisa melihat gue masuk perguruan tinggi dan melihat cucu – cucunya sukses. Gue hanya duduk disampingnya,  menemani raganya yang telah kaku, sesekali gue tempelkan telinga di dadanya untuk memastikan denyut jantungnya. Gue masih merasakan adanya denyutan jantung. Gue yang masih berharap penuh dan menunggu keajaiban agar beliau bisa bangun, tapi hingga banyak pelayat yang berdatangan, gue hanya bisa pasrah dan berusaha menerima kenyataan bahwa kakek gue telah tiada. 


Kakak gue telah pergi dengan meninggalkan berbagai kenangan indah yang tak mungkin gue lupain, meninggalkan petuah – petuah luar biasa untuk anak dan cucunya. Sampai saat ini gue masih ngak menyangka sosok yang begitu keras dan penyayang kini telah tiada. Hanyalah sebuah pusara yang bertuliskan namanya yang bisa kulihat tiap kali pulang kampung. Gue percaya, raganya memang telah tiada tapi gue selalu merasakan keberadaan jiwanya.    


Kehilangan adalah sesuatu yang sangat memilukan, menyayat hati dan menguras air mata. Ada dua kemungkinan yang biasa orang lakukan untuk bagaimana menyikapi kehilangan. Pertama, mengikhlaskan dan Kedua, terus mengingat dan memohon untuk mengembalikan apa yang hilang tersebut. Dan saat gue menulis tulisan ini, gue sudah sangat mengikhlaskan kepergian beliau. Semoga arwah dan amal ibadahmu diterima oleh Allah SWT kek. Amin.. Alfatihah..








I MISS U KEK :”((


Kau adalah pahlawan medisku. 


PS : Malamnya setelah kakek gue meninggal, ada 1 pasien yang datang mencari beliau untuk berobat dan aroma wewangian yang biasa beliau pakai tercium baunya. :’)

45 comments:

  1. Replies
    1. Aku baca ini sedih lagi. Sial nih gak update-update sih...

      Delete
    2. Ciee yg nungguin gue update :p
      Gue msh di sibukkin dgn KKN bray. -__-

      Delete
    3. APA KAMU BOY BRAY BROY BRAY?!

      Delete
  2. Membaca cerita kamu tentang seorang Kakek membuatku ingin tahu bagaimana rasanya bisa bertegur sapa, tertawa, berbagi, dll dengan kakek karena sedari lahir aku cuma tahu cerita kakek dari orang tuaku, kakak2, serta nenek.

    Lepas dari semua itu....
    Aku ikut merasakan sedih karena aku tahu bagaimana rasanya kehilangan orang yang begitu dekat dengan kita.
    Aku turut berduka cita, semoga amal ibadah kakek kamu diterima oleh Tuhan dan beliau diterima serta dimuliakan oleh Tuhan, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.
    Amin... Amin...

    Oh ya, jika berkenan... bolehlah main-main ke blogku ya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh komennya panjang banget -_-

      Amin.. Makasih yah atas doanya :)

      Ok ein ntar gue sliahturahmi ya :)

      Delete
  3. Salah banget bacanya jam segini :(

    Semoga kakek ditempatkan di tempat terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duhh maapkeun ya mas renggo -_-

      Amin :)

      Delete
  4. Pertama bacanya ketawa2 pas akhirnya baper seketika. Keyen kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh ternyata ein juga baca. :D thanks dek :)

      Delete
  5. Goqil ya kakek, semoga berada di tempat terbaik disana sekarang :')

    ReplyDelete
  6. Tulisan yang mengaduk perasaan. Awalnya lucu, endingnya haru. Semoga amal beliau diterima Allah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks atas apresiasinya mas tata :) btw minta link blog donk. Kangen gue blogwalking ke blog lu.

      Amin sekali lgi thanks :)

      Delete
  7. Wah ternyata kakek sudah berada di tempat yang indah di sana ya mbak, tak kira masih sama mbak dian, pasti penuh kenangan banget, salam sejahtera untuk kakek mbak dian di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kakek saya sudah meninggal 3 tahun lalu, sengaja buat tulisan ini krna emng lagi kangen2nya sama kakek :'(

      Delete
  8. Semoga kakek mendapat tempat terindah di sisi Allah

    ReplyDelete
  9. Aku dibuat ngakak pas bagian batang singkong, diakhir dibuat merinding dan sedih parah :'

    Semoga Kakekmu mendapat tempat terindah disana ya :') Allah ada disamping Kakekmu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah merinding, awas tu kakek gue disebelah lu feb :p

      Amin thanks feb :')

      Delete
  10. Gimanapun juga gue ngerti gimana rasanya kehilangan orang yang disayang... nyeseknya sampe ubun2.. :(

    Semoga segala amal baik kakek diterima disisiNya ya .. amiin. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita adalah org yg mengerti rasanya kehilangan :')

      Amin :") thanks Bang

      Delete
  11. bantuin kakek nyunat, buset dah ini... :'v

    Semuanya pasti bakalan kembali kepada Nya, kakek sebaik dia insya Allah pasti bakalan masuk surga :D Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, lu mau ngk gue sunat dit :p

      Aminn thanks dit :')

      Delete
    2. Gue baca komen lo berasa ngilu -___-

      Delete
    3. wkwkwkwkw jdi mau apa kagak nih :p

      Delete
  12. wah, efek jarang BW..
    semoga kakek diterima di surga sana...
    amiin...

    ReplyDelete
  13. Hem...... Ngebaca ini seolah-olah mesin waktu lagi ada di depan mata gue Dian. Jujur, gue kehilangan Nenek waktu itu yang sekaligus jadi orang spesial dalam hidup gue.

    Waktu itu gak banyak yang bisa gue lakukan buat Nenek ketika beliau pergi. Karena, cuman tangisan yang bisa gue utarakan. Gue gak bisa ngomong. Nangis aja bisanya.

    Serius, moment terberat dalam hidup gue adalah ditinggal nenek untuk selamanya. Karena, dari kecil udah sama beliau. Tapi, gue patut bersyukur, setelah nenek pergi, Orang tua berusaha menggantikan peran nenek dulu. Ya, meskipun gue kadang ngerasa kurang nyaman.

    Tapi, beliau adalah orang tua gue. Yang melahirkan dan merawat sewaktu kecil.

    Mudah-mudahan Dian diberi ketabahan dan kekuatan untuk menajalani hidup di kemudian hari. Aminn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mas heru terimakasih. Semoga Almrhma nenek ditempatkan di tmpt yg layak di sisinya. Amin..

      Delete
  14. Diaaannn. Bangkhe sekali ini tulisan. Nyesek gini bacanya. Gue hanya bisa bantu mengamini. Aamiin.

    Gue sedih karena nggak punya banyak kenangan sama kakek. Dan nggak ada di sampingnya ketika beliau wafat. Huhuhu :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk gue dapat bangke gratis cuy :D
      Amin Yog, Thanks yaa :')

      Seperti lu blg, doakan saja Yog semoga arwah beliau ditempatkan ditempat yang layak di sisi - Nya. Amin

      Delete
  15. Dian, aku langsung keinget sama kakek nenek di rumah *btw aku baca postinganmu di kantor*
    Ya Allah, kayaknya aku durhaka banget sama mereka. Statusku sama kayak kamu, cucu pertama dari anak pertama (ibu), jadilah paling disayang. Sekarang mbah aku udah g kayak dulu lagi yang bisa beraktifitas, beliau udah sakit (penyakit orang tua), dan g bisa apa-apa lagi. Aku sih g mengharap beliau sembuh sedemikian rupa, karena di dunia ini g ada yang abadi, cuman berharap jalan beliau selalu dimudahkan Allah sampai nanti.

    Turut berduka cita dian buat kakeknya, semoga amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga diberikan kesembuhan bagi mbahnya mba pit :) Amin

      Iya makasih yah atas doanya :)

      Delete
  16. turut berduka ya kak dan tabah

    ReplyDelete
  17. :( Turut berduka cita. Semoga almarhum dilapangkan jalannya, diterima segala amal baiknya, dimaafkan segala kekhilafannya. Yang sabar yah. Jangan putus doain kakekmu...

    ReplyDelete