09 November 2015

Jangan Sombong


Tadi pas mau ke kampus gue dihadepin sama orang overbelagu! Sebenarnya sih ngak belagu juga tapi sotoynya itu loh, udah menjurus ke overbelagu.

Gue ngak habis fikir sama orang – orang yang katanya berintelek pada zaman ini. gue akui lah sebagai seseorang yang berintelek tentunya kecerdasan yang dimiliki itu bukan hanya cerdas otak aja, tapi cerdas ahlak, cerdas dalam bertindak, cerdas dalam kedewasaan diri dan tentunya sifat. 

Kebanyakan orang yang berintelek pada masa ini cenderung mengatasnamakan kemampuan IQnya untuk menyombongkan diri. Nah kebetulan kejadiannya sama gue. Sebut saja namanya Mawar.

Si Mawar ini padahal kalau dari perspektif gue yah standar – standar lah, ngak bodoh dan ngak terlalu pandai juga. Si Mawar ini kebetulan adalah temen gue tapi ngak deket – deket juga (kayak prangko). Doi ini rupanya baru kepincut masuk Organiasi karena roman – romannya sih gitu. nampak banget. Ibarat kata “ Panas – panas taik ayam “

Kenapa gue bilang gitu ? karena gue tahu pas zaman sekolah dulu doi ngak pernah terrekrut jadi pengurus osis. Nah nanty pas masuk kuliah ini si Mawar mulai aktif berorganiasi. Saat masuk organisasi doi mulai berubah (bukan jadi power rangers) mindset-nya mulai rada – rada oke. Tapi yang gue sayangkan sifatnya mulai berubah. Semenjak masuk organisasi dan dengan banyaknya ilmu yang tertransfer ke dia bukan menjadikan dia sebagai seseorang yang berIQ dengan pribadi low profile malah yang gue dapati doi mulai berlagak sombong dan membanggakan diri sendiri.

Pernah waktu itu gue terlibat pembicaraan dengan Si Mawar dalam pembicaraan itu doi bercerita tentang kejengkelannya terhadap temannya gara – gara ngak bisa menjawab pertanyaan menjebak dari kader organisasi lain. Dalam pembicaraan itu doi berkoar habis – habisan ketemannya itu, ampe temennya bilang begini katanya “ War seandainya otak lu dipindahin ke gue mungkin gue udah bisa ngejawab pertanyaan mereka “

Disitu gue Deng!! Hati gue kayak keketuk banget dan langsung berfikir ini anak cerita sama gue seakan mendeskripsikan kalau dia lebih pinter dari temannya dan temannya itu seakan memuja kepintarannya. Naudjubillah! Dari pembicaraan itu gue masih simpatik ke doi tapi makin kesini pembicaraannya udah semakin tinggi dan sifatnya udah lebih sombong. Gue jadi sedih banget padahal berdasarkan penelisikan gue organisasinya totally pure mengajarkan segala sesuatu yang baik tapi kenapa doi jadi menyimpang kayak gitu ? #outofmind

Ampe skrang gue mulai mengurangi intensitas kedekatan gue dengannya, bukan karena gue merasa minder gara – gara doi sekarang mulai oke malah gue begini karena sifat tinggi hatinya yang overload..

So far, berdasarkan penelitian random yang gue lakuin sebagian orang yang gue anggap berintelek rata – rata ternyata memiliki sifat sombong yang tanpa mereka sadari secara langsung bisa mengurangi simpatik orang lain terhadap mereka baik secara langsung atau tidak. yang gue takutin mereka yang berlagak sok pinter itu sewaktu – waktu ketemuan dengan orang yang lebih pinter dan dengan begonya menunjukkan sok pinternya alhasil bukannya seneng malah jadi ciut karena memalukan.

Gue juga heran sebenarnya apasih yang perlu disombongkan dalam hidup ini ? toh segala sesuatu yang kita miliki sekarang hanya bersifat temporer, tidak kekal, dan tidak abadi. Semuanya adalah milik Allah SWT tidak ada yang patut disombongkan. Malu donk sama Allah sebagai pemilik sebenarnya. 





Secara eksplisit telah termaktub dengan jelas didalam Al-Quran larangan bersifat sombong kenapa manusia masih aja sombong. Sombong adalah sifat yang paling dibenci Allah SWT karena merupakan salah satu tanda bahwa umat-Nya tidak mengakui kebesaran-Nya. Manusia diciptakan dari tanah dan akan kembali ketanah tapi kenapa masih bersifat langit ? Ya Allah Ya Rasullaulah. Wong zaman edan!



Berdasarkan kutipan status diatas gue 100% setuju kenapa mereka yang berintelek itu sombong ? karena kecerdasan intelektual mereka tidak selaras dengan watak sehingga mereka mengatasnamakan kemampuan inteleknya sebagai alasan untuk menyombongkan diri. Seperti dilansir dari Wikipedia bahwa kesombongan adalah suatu perasaan atau emosi dalam hati yang dapat mengacu pada dua makna umum. 

Tapi gue bahas 1 makna aja yah.

Dalam konotasi negatif biasanya mengacu pada perasaan meningkatnya status atau prestasi seseorang, seringkali disebut "keangkuhan". Dari sisi negatif berarti bisa dikonklusikan bahwa seseorang yang sombong itu berada dibawah penguasaan emosi yang cenderung mendominasi, sehingga akal/logikanya terhalang untuk berfikir logis/rasional. Introspeksi diri dari kesombongan, jangan pernah merasa diri paling tahu karena kesombongan itu adalah key of failure ( Kunci Kegagalan )

Jadi buat yang jomblo jangan sombong bisa jadi lu gagal dapat pacar, buat yang pacaran jangan sombong bisa jadi lu gagal dalam percintaan. Hehehe… intinya jangan merasa sombong dalam segala hal, karena sesungguhnya menumbuhkan sifat sombong bakalan membuat lu kepleset saat melewati Jembatan Siratul Mustaqim. Hehehe..

Buat pada yang masih sombong put your hands up!

Ntar gue kirimin tim gegana buat menjinakkan kesombongan lu. Mehehe..

Jangan Sombong!

41 comments:

  1. Susah sih. Namanya manusia kadang emang ada yang jenis ini. Tapi, bener juga, jangan sombong. Lebih bener lagi, daripada ngomongin orang, mending kita merenung aja, jangan sampai kita juga diomongin orang dengan hal serupa.

    www.hadik.ml

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas hadi, tapi gua nulis ini bukan maksud mengatai orang tapi hanya mengingatkan seseorang aja. :)

      Delete
  2. Saya sombong, kalo mbak tim gegananya maulah dijinakkan /blushing. Nah menanggapi, kebanyakan kepintaran yang diperoleh bukan karena rasa syukur ya gitu, dia pikir dia pintar karena dia berusaha, ok faktanya memang. Tpi bila nikmat dicabut ama Allah SWT mau bilang apa dia kahaha. Pintar seharusnya malah semakin tau, kalo masih ada yang lebih pintar lagi, dan mengajari merupakan keberkahan bagi dia juga. Ah sudahlah, masalah kepintaran dan kesombongan ini tergantung perspektif yang melihat. Diem diem aja juga dibilang sombong oleh sebagian orang.

    Nih ada tulisan tips belanja online murah gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas.. saya suka sekali dengan kalimat anda yang mengatakan kepintaran dan kesombongan tergantung perspektif yang melihat.. diem diem aja juga dibilang sombong dst.. cukup bijaksana.. yah emang kenyataan sih.. Berbeda pendapat dibilang sombong.. Tidak memenuhi permintaan/kemauan orang lain dibilang sombong (sori2 aje emangnya jongos mereka..) Selektif dalam berteman dibilang sombong.. Menolak orang lain secara baik2 dibilang sombong.. Ribet kalau selalu mikirin cara pandang orang yang sedikit2 selalu menghakimi sesuka hati.. Mending kita lakukan apa yang bener aja cukup.

      Delete
    2. Mas.. saya suka sekali dengan kalimat anda yang mengatakan kepintaran dan kesombongan tergantung perspektif yang melihat.. diem diem aja juga dibilang sombong dst.. cukup bijaksana.. yah emang kenyataan sih.. Berbeda pendapat dibilang sombong.. Tidak memenuhi permintaan/kemauan orang lain dibilang sombong (sori2 aje emangnya jongos mereka..) Selektif dalam berteman dibilang sombong.. Menolak orang lain secara baik2 dibilang sombong.. Ribet kalau selalu mikirin cara pandang orang yang sedikit2 selalu menghakimi sesuka hati.. Mending kita lakukan apa yang bener aja cukup.

      Delete
  3. Hmmm.. emang sombong itu relatif. Tapikan saya udah blg dia atas bhwa definisi sombong itu dapat mengacu pada 2 makna umum, dan saya bahas itu hanya yg berkonotasi negatif mas.

    Iya syukur2 deh kalau saling mengajari. Nah kalau ngak? Dan klu dr saya pribadi mnding klu misalnya di puji gitu ngk usah de di umbar krn sprti mas bilang ngk semua org bkln menanggapi itu baik atau tidak.

    ReplyDelete
  4. sepertinya memang si mawar tdk menyadari akan perubahan yg terjadi pd sikapnya ya....

    ReplyDelete
  5. Hiii. Itu dia ngomong kayak gitunya bercanda atau bukan yan? Gue paling gak respect sama orang sombong atau yang gak bisa hormatin orang lain deh. Hiiiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Real di ngak becanda.
      Setuju gue ame lo. (Y)

      Delete
  6. Biasanya orang yang punya sikap kayak gitu punya masa lalu yang kelam, atau didikannya kurang tepat. Well. Gue kadang suka dikatain sombong karena jutek sama junior di kampus. Bukannya gitu, gue ini emang dasarnya pendiam. Eh malah curhat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm bisa jadi.

      emang perspektif org terhadap KESOMBONGAN itu berbeda2 key. Ditrima aja, gue juga sering dikatain kyk gitu juga, tapi sebisaya gue meyakinkan mereka bahwa dian adalah orang baik&tdk sombong #CurhatBalik..

      Delete
  7. sombong tidak ada keuntungannya kok.

    ReplyDelete
  8. wahahaha, zaman sekarang ketemu manusia macam itu memang biasa cuy..
    manusia yangmenganggap dirinya paling bisa, paling bener, paling tahu segalanya. overbelagu memang. dan gue memiliki teman sekelas yang kayak gitu... sekelas..... bukan cuma akademik, non akademiknya pun masuk ke dalam over belagu. stress dah lu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dianggurin aja mah klu ngadepin org kyk gitu. Kalau dijabanin ntar nyolot. -_-"

      Delete
  9. Apalah arti kecerdasan IQ kalo EQ dan ESQ-nya lemah. :))
    Gue malah lebih respect sama yang orang biasa-biasa aja, tapi kelakuannya baik.

    Namun, ada juga orang yang kecerdasannya biasa-biasa aja atau bahkan kurang, eh kelakuannya juga minus. Miris banget. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah intinya punya kelebihan atau kekurangan mah tidak patut untuk bersifat sombong.

      Delete
  10. keren sih organisasi, tapi kalau jadi somobong gitu, sayang aja. padahal masih banyak orang yang lebih cihuy organisasinya, tapi malah kalem.

    ReplyDelete
  11. Mau pinter apa gak, alangkah baiknya kalo tetap rendah hati.

    ReplyDelete
  12. selalu mengingat ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk, malau sama padi kalo kita gak bisa begitu

    ReplyDelete
  13. Orang sombong pantesanya berteman sama batang ubi kayu :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ngak elit banget temenan sama batang ubi kayu. =))

      Delete
  14. Aku nggak suka sama orang sombong juga mbak -_- biasanya kalau ada orang yang menyombongkan dirinya, aku lebih milih buat nge-iya-in aja -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kalau begitu febri, gue juga iyain aja takut menyinggung perasaan mereka kalu ditegur.

      Delete
  15. Subhanallah, mbak telah mengingatkan sya, smoga sya bkan termasuk orang2 sombong amin

    ReplyDelete
  16. makasih kak udah diingetin :)

    ReplyDelete
  17. Mbak Dian,, sekedar menanggapi,, sombong yang anda maksudkan di sini seperti apa? apakah suka menghina orang lain? sering dilakukan?
    Seringkali hanya karena berbeda pendapat pun orang sering loh melabeli predikat sombong.. coba pikirkan lagi dalam perspektif yang lebih luas

    ReplyDelete
  18. Mbak Dian,, sekedar menanggapi,, sombong yang anda maksudkan di sini seperti apa? apakah suka menghina orang lain? sering dilakukan?
    Seringkali hanya karena berbeda pendapat pun orang sering loh melabeli predikat sombong.. coba pikirkan lagi dalam perspektif yang lebih luas

    ReplyDelete