03 September 2015

Tragedi Habis Aer


Akhir – akhir ini kostan gue lagi kena krisis aer, anak – anak alkatraz (nama kostan) pada ngeluh tiap mau nyuci semua kudu ngumpet biar ngak ketahuan nyuci karena bakalan dimarahin ibu kost kalau kedapatan nyuci, atau kalau ngak sempat nyuci dan tumpukan bajunya udah mirip gunung rinjani mau ngak mau harus di laundry. Boro – boro laundry mau makan aja susahnya setengah mati apalagi stok persedian abon udah habis ditambah lagi finansial menipis… lah mau bayar pake bulu ketek biaya laundrynya ? atau..  ngak sekalian aja pake aer comberan buat nyuci.

Bukan hanya nyuci, tiap mau mandi semuanya disuru ngirit, gayungnya diganti pake tutupan botol aqua. Mau makan bekas piringnya disuruh jilat ampe bersih biar kinclong lagi. Mau beol disuruh nyebok pake daun pisang. Ngehe ngak tuh ? 

Tadi pagi pas mau kekamar mandi gue fikir air dikostan persediaannya masih mencukupi untuk mandi doank tapi ternyata Zonk!! setetes pun kagak ngalir alhasil anak – anak sekostan semuanya kagak ada yang mandi, kagak ada yang beol atau kencing dan kagak ada yang nyuci piring semuanya jadi pada malas beraktifitas. Semuanya hanya berngaso ria didalam kamar masing – masing dan kurang lebih sekitaran 20 menitan berlalu aroma – aroma jamban mulai tercium dari masing – masing kamar. teman kost gue gara – gara kebelet mandi, si doi mesen air aqua isi ulang buat mandi. Jiaakak.. ni anak emang elit, AgnezMo aja mandi pake air biasa nah dia lebaynya selevel sama hillsnya syahrini, yang biasanya buat dipake minum 2 minggu nah ini dipake mandi. Elit bener coeng!

Gue ngak tahu bapak dan ibu kost tahu atau tidak tentang tragedy habisnya air di kostan, soalnya si ibu dan bapak lagi keluar kota tapi syukurlah selang beberapa menit menunggu dan terdiam dalam kebusukan dengan bau ketek yang menyengat, aroma mulut bau sepitenk, dan kondisi wajah yang kucel kaya kain pel akhirnya si ibu dan bapak tiba, komplotan betina kostan diangkut sama ibu kost kerumahnya yang berada di Perkamil. Sedangkan yang jantannya dibiarin membusuk  Salah sendiri diajak kagak ngikut! (FYI : Kost Alkatraz adalah rumah kedua bagi ibu kost dan juga rudis yang disulap jadi tempat kostan ). 

Kalau boleh dikata, sudah hampir 2 minggu kostan gue kena krisis aer. Intensitas mandi gue juga berkurang, biasanya 3 kali sehari kini jadi 1 kali sehari , biasa mandi sambil nyanyi – nyanyi plus ngegosok daki diselah – selah tersembunyi kini berubah jadi nangis tiap kali mandi ( nguras air mata biar bisa dipake mandi ). Yang biasanya juga gue agak sedikit lama mandi karna bermain air kini harus ngirit aer karena emang lagi krisis aer. Kalau bicara soal lama mandi gini, gue agak sedikit ngeh’. ini karena penobatan gelar absurd sama anak – anak sekostan. sebenarnya ini aib, tapi biarlah … guee kan orangnya open – open gitu, dian apa adanya!  

Ok ceritanya gue dikostan dijuluk sebagai manusia paling lama mandi, padahal kalau dipikir – pikir gue hanya ngegosok gigi, ngegosok badan, dan nyuci sempak itupun kurang dari 15 menitan, namun yang gue heran kenapa gue dinobatkan paling lama mandi. Ngeflashback waktu ikut karantina Paskibraka, teman sekamar gue sering dibikin naik tensi karna kata mereka juga gue orangnya paling lama mandi. 

Lagi asik nyabun (jangan berfikiran kotor) 

*Tok Tok Tok

“ Dian …. Dian ….!! “

“ Kenapa woy ? “

“ Buka pintunya bentar “

“ Mau ngapain ? "

“ Pokoknya buka dulu "

Pintu dibuka. " Kenapa ? "

“ Nih … “ #DisodorinBantal

“ Elah lu mau mandi atau mau tidur ? mandinya lama amat “

“ Hehehe… “ #NyengirKuda

 
Hah’ entahlah mau dibilang paling lama mandi atau ngak. Bodo! yang penting mah gue ngak bakalan keluar kamar mandi sebelum badan gue bersih dari najis.

Masih berkaitan dengan krisis air, ibu kost juga memberi peringatan pada setiap penghuni kostan untuk tidak memberi kesempatan kepada teman dari luar yang ingin menginap, ini semata bukan karena ibu kost orangnya pelit, tapi ini salah satu bentuk gerakan penghematan air/meminimalisir penggunaan air secara berlebih.  Cie ngedukung.... Yes uang kost turun.

Ya emang bener gue setuju, masa orang kostan lagi berjuang untuk hemat air tapi malah ngundang – ngundang orang yang bukan penghuni kost untuk mandi dikostan kita, kalau cuma sekedar boker dan pipis bolehlah, no what – what. Gue juga turut prihatin sama bapak kost yang  rutin ngontrol air sumur, kalau udah mau kering sumurnya si bapak bakalan langsung memesan air PDAM 1 tangki besar untuk diisi kesumur dan tempat penampungan air. Ah bapak kost emang heroic ciamik… Yes uang kost turun double. Yeyeye! *ngarep

Krisis air dikostan gue ternyata ngak dialami sama temen – temen gue yang ngekost ngak jauh dari kostan gue, hal ini membuat gue jadi heran kenapa bisa kejadian air dikost gue kering, apakah emang penggunaan airnya overload atau air tanah di kostan gue yang produksinya menurun atau bisa jadi penyebabnya gara – gara Manado ngak diturunin hujan ampe skarang. Halah’ ngerepotin!

Pokoknya dari ketiga hipotesis itu gue hanya bisa berharap dan berdoa kalau emang penggunaan airnya overload kita bakalan berusaha untuk hemat air, kalau emang air tanah tidak berproduksi gue harap bisa berproduksi lagi, kalau emang manado ngak hujan gue bakalan ngusahain nyari pawang hujan untuk manggil hujan. Tapi inti dari semua itu gue hanya ingin kost gue ada air untuk keperluan mandi, cuci, dan lain sebagainya.

30 comments:

  1. Hadir sob...
    Hahaha,
    Alhmdulillah di kostan.ku air msih lancar...walaupun kdang2 susah jg..hehe
    Wah, baunya kya ap tuh kost.an,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah deh :)

      Kayak jamban.. cckck

      Delete
  2. sama ane juga udah kehabisan air buat mandi nih,, terpaksa numpang di rumah kakak yang jauh dari rumah he

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan keseringan numpang ntar di usir. Hihihi

      Delete
  3. Wah itu sih gara-gara lo mandinya kebanyakan, makanya yang kering di kosan lo doang dian. \:p/

    ReplyDelete
  4. hahaha mending gak sah mandi enak, baunya bikin orang merhatiin kamu ,,hehe

    ReplyDelete
  5. ya muh! syukur2 mereka merhatiin gue krna naksir atau cakep gue kelewatan, lah kalau mereka merhatiin gue krna jijik dan bau .. kan lain ceritanya -_-

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sumur di rumah masih ada air nya :)

    ReplyDelete
  7. mandinya jangan 2x sehari, rubah jadi 3 hari 1x :D

    ReplyDelete
  8. mandinya tayamum juga bisa, guling-guling di pasir.

    ReplyDelete
  9. Jadi Inget dulu , rumah w di tangerang juga krisis air,, sampe banyak ibu ibu yang kerja dikantor,,, nyuci n mandi di kantor,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw... itu mah over banget. terlalu memanfaatkan kesempatan

      Delete
  10. Sini aja Di, ke rumah mas. Air di sini melimpah. Sekali lagi nih ya, melimpaaaah. Hahaa
    Tapi anu sih, banyak asapnya. Bikin mata perih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran nih mas hadi ? asik tuh gue bisa berlama2 mandi. Hihihi

      maksudnya banyak asap ? emang tempatnya mas hadi searea dengan tempat pengasapan ?

      Delete
  11. Persediaan air di rumah juga udah mulai berkurang. Unungnya, gue adalah ipe orang yang nyaman-nyman aja nggak mandi. eh..

    ReplyDelete
  12. kalau kost saya deket sama masjid jadi kalau habis air biasanya numpang mandi di WC masjid, alhasil dari kegiatan kucing-kucingan mandi di masjid sekarang anak-anak yang lain pada ikut-ikutan dari nyuci piring, baju, sempak sampe motor semuanya di halaman masjid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah itu mah terlalu memanfaatkan mesjid mas bimo.

      Delete
    2. heheh oke kalau bgtu nyantee ajaa..

      Delete
  13. ya ampun kak, jadi ngerasa harus lebih bersyukur soalnya di kosan termasuk airnya cukup.
    dulu pas awal2 banget sempet suka mati sih, tapi setelah digali2 bikin sesuatu (gak tau diapain) jadi lancar, alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. alhamdulillah kalau begitu syifa :)

      Delete